Minggu, 30 September 2018

CARA ASIK MENGENALKAN FITRAH SEKSUALITAS

Dalam mengenalkan fitrah seksualitas juga dituntut perlunya kita sebagai orangtua untuk mengetahui cara-cara yang asik memperkenalkan fitrah tersebut pada anak usia dini.

Mengapa usia dini? Sebab berkenaan dengan ini harus dilakukan sedini mungkin. Menyitir penjelasan Ayah Edy, bahwa mengenalkan anak tentang hal “tabu” ini haruslah sedini mungkin seketika si anak mulai tertarik dan bertanya.

Sebelumnya, mari kita samakan persepsi. Bahwa menurut definisi, PENDIDIKAN SEKS tidak sama dengan FITRAH SEKSUALITAS. Pendidikan seks adalah tentang bagaimana organ kelamin bekerja → meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan, kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual dan aspek kesehatan secara jelas dan benar. Sedangkan fitrah seksualitas adalah sebuah manifestasi penyikapan akan takdir jenis kelamin yang Allah berikan.

Sementara itu, kita juga mengenal kata “gender”. Istilah ini adalah hal yang berbeda dengan jenis kelamin. Sifatnya bukan biologis, namun lebih pada aspek nonfisiologis seks serta harapan budaya terhadap femininitas*l dan maskulinitas. Feminin dilekatkan dengan perempuan dan maskulin pada laki-laki. Keduanya seolah-olah mutlak terpisah. Padahal, manusia berada diantaranya. Loh, kok bisa? Karena manusia adalah makhluk hormonal. Ada hormon kelaki-lakian yang familiar disebut testosteron dan hormon kewanitaan, estrogen-progesteron. Setiap manusia memilikinya. Tinggal mana yang lebih dominan. Pada beberapa kelainan hormon, laki-laki jadi feminim karena kelebihan estrogen. Sebaliknya pun ada. Ajaibnya, hal ini bisa dinafikkan dengan penyadaran akan fitrah seksualitasnya. Itulah mengapa betapa pentingnya fitrah ini, bukan?

Pendidikan dan fitrah seksualitas harus berjalan seimbang sejalan dengan tahapan (fase) seksualitas anak.



Tujuan Pencapaian:
A. Anak mengerti identitas seksualnya → laki-laki atau perempuan.
B. Anak mengerti perilaku atas identitasnya, anak memahami dari cara berjalan, cara berpakaian, jenis pekerjaan yang sesuai dengan identitasnya → ROLE MODEL

C. Anak bisa melindungi dirinya dari kejahatan seksual. Anak tahu mana bagian yg boleh disentuh dan yang tidak oleh dirinya dan orang lain (area pribadi), anak berani dan bisa berkata TIDAK/ NO..NO..NO

Berikut adalah cara-cara yang asik untuk kita bisa mengenalkan fitrah seksualitas pada anak-anak :

#day4
#gamelevel11
#reviewkelompok4
#fitrahseksualitas
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar